...

Psikologi Warna Baju: Mood dan Percaya Diri

psikologi warna, pakaian - Elizabeth

Tahukah kamu kalau ternyata warna tak hanya memberikan kesan yang berbeda, namun juga memiliki makna psikologi yang mampu mempengaruhi tampilan dan mood penggunanya. Setiap warna mampu merepresentasikan arti tertentu, sebab itulah kamu harus menyesuaikan pemilihan warna pakaian dengan situasi, kondisi, dan jenis acara yang akan kamu hadiri nantinya. 

Kalau kamu mau pergi pesta, tapi nuansanya terlihat murung, mungkin kamu salah pilih warna baju nih. Supaya tak salah lagi, yuk simak makna psikologi warna pada pakaian yang kamu kenakan: 

1. Kuning 

Pakaian warna kuning cenderung menonjolkan sisi energik dan ceria pemakainya. Warna ini sendiri bermakna kebahagiaan, keceriaan, semangat, dan optimisme. Orang-orang yang biasa menggunakan warna kuning biasanya merupakan tipe orang yang aktif dan kreatif.

Sayangnya, baju berwarna kuning jarang dipilih karena dianggap terlalu “ngejreng” atau mencolok dan menyilaukan mata saat berada di lingkungan outdoor. Keuntungannya, baju warna kuning cenderung mampu meningkatkan konsentrasi lho. Cocok untukmu yang ingin lebih bersemangat saat sedang bekerja atau lari pagi. 

2. Putih 

Psikologi warna kedua yang akan kita bahas adalah warna putih. Putih merupakan warna yang netral dan bersih. Baju warna putih kerap dipilih oleh para pekerja kantor untuk menunjukkan suasana yang lebih formal dan profesional. Kalau kamu sering pakai baju warna putih, itu artinya kamu adalah tipe orang yang suka dengan hal-hal baru, kesempurnaan, kedamaian, tulus, opimis, dan mencintai kerapian berbusana. 

Pakaian dengan warna putih juga mudah di mix and match dengan aksesoris dan ragam busana lainnya lho. Mau dikombinasikan dengan celana kain, jeans, kulot, atau celana bermotif? Semuanya bisa menyatu dengan sempurna pada atasan berwarna putih ini. 

3. Hitam 

Makna filosofi warna dibalik pakaian berwarna hitam adalah kekuasan, kewibawaan, otoritas, keanggunan, elegansi, dan seksi. Meskipun warna ini biasanya lebih identik dengan nuansa sedih, berkabung, dan murung. Namun, dengan mix and match yang tepat kamu bisa menyulap baju berwarna hitam jadi outfit yang stylish. Warna ini juga mampu menghadirkan ilusi lebih kurus dan langsing pada tubuh pemakainya.

4. Pink 

Pink atau merah muda adalah warna yang memiliki look sangat feminim, sehingga lebih banyak digunakan pada outfit dan aksesoris wanita. Warna pink memiliki kesan yang lebih lembut, romantis, dan mengalirkan energi positif pemakainya sehingga tampak lebih friendly dan anggun. Warna ini bisa jadi salah satu referensi terbaik buat kamu yang sedang cari baju buat ngedate bersama gebetan lho. 

5. Abu-Abu 

Kalau kamu adalah tipe orang yang minimalis dan netral, warna abu-abu bisa jadi pilihan baju yang tepat untukmu. Filosofi warna ini melambangkan keseimbangan, netralitas, kerendahan hati, hingga ketenangan. Sayangnya, warna ini juga bisa bermakna kesedihan, apatis, kurang percaya diri, dan depresi. Jadi, kamu harus pintar-pintar memilih dan memadukan baju berwarna abu-abu. 

6. Cokelat 

Cokelat dikenal sebagai salah satu warna bumi, ia melambangkan tanah dan alam di sekitarnya. Makna warna ini adalah ketenangan, kehangatan, dan kepercayaan. Selain sering dipilih oleh para pria untuk mengidentifikasikan gaya busananya, warna ini juga kerap jadi pilihan para wanita untuk meningkatkan kepercayaan diri dan daya tarik visual.

Oh iya, kalau kamu ada janjian dengan klien baru atau teman-teman baru, memilih pakaian berwarna cokelat bisa jadi pilihan yang tepat lho karena warna ini akan memberikan efek yang lebih bersahaja dan bersahabat pada para pemakainya. 

7. Hijau 

Hijau adalah warna yang dikaitkan dengan perasaan yang damai dan kemurahan hati. Warna ini juga melambangkan alam yang identik dengan kesegaran, ketenangan, dan kealamian. Warna hijau yang lebih tua juga melambangkan kemakmuran dan maskulinitas, sehingga warna ini banyak digunakan oleh para pria dewasa.

Untuk wanita, kamu bisa memilih warna hijau yang lebih terang atau soft. Orang-orang yang suka mengenakan pakaian berwarna hijau identik dengan orang yang karismatik dan peduli dengan orang lain. 

8. Biru 

Psikologi warna biru melambangkan kedamaian, kesetiaan, aura positif, dan juga kreativitas. Biru juga identik dengan warna laut atau langit yang menyegarkan dan menenangkan. Warna ini juga sejuk sehingga membuat aura penggunanya lebih adem dan kalem. 

Orang-orang yang menyukai pakaian berwarna biru biasanya adalah tipe orang yang mandiri, cerdas, perhatian, menyenangkan, dan pekerja keras. Baju dengan warna ini juga mampu memperbaiki mood karena auranya yang lebih refreshing. Sangat cocok untuk baju-baju harian, baju santai, atau ketika kamu butuh mood booster yang simple

10. Merah 

Ingin tampil lebih berani dan menarik perhatian? Kalau iya, coba deh pakai baju dengan warna merah. Warna ini melambangkan keberanian, gairah, spontanitas, agresif, dan impulsivitas. Warna ini juga sarat emosi dan memiliki karakter yang menantang tapi mampu menarik perhatian. Baju berwarna merah sangat cocok untukmu yang punya karakter tegas dan berkepribadian ekstrovert. Dengan mengenakan pakaian ini, dijamin deh kamu akan jadi lebih menawan dan jadi pusat perhatian. 

11. Ungu 

Terakhir ada warna ungu, meskipun kerap diasosiasikan sebagai ‘warna janda’. Namun kamu tak perlu khawatir, pasalnya warna ungu sendiri mampu melambangkan kemewahan, kekayaan, kemegahan, dan kejayaan. Warna ini dulunya adalah warna yang sangat eksklusif karena hanya para bangsawanlah yang bisa menggunakannya. 

Kain dengan warna ungu pun memiliki proses pembuatan yang rumit dengan bahan langka sehingga harganya mahal. Namun saat ini, warna ini jadi lebih universal dan dapat dikenakan oleh siapa saja. Pakaian dengan warna ungu akan membuat pemakainya nampak lebih anggun, elegan, dan mewah. Mau menghadiri acara yang glamour? Dress warna ungu dengan sentuhan payet emas bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 

Nah, itulah beberapa makna dari setiap filosofi warna baju dan pengaruhnya terhadap sang pemakai. Setiap warna memiliki arti dan makna yang berbeda-beda, jadi jangan sampai salah pilih warna baju ya supaya kesan yang ingin kamu tampilkan tersampaikan kepada orang-orang di sekitar. Ingin mengekspresikan diri dengan berbagai warna baju? Kunjungi Elizabeth sekarang juga!

Tinggalkan Balasan