...

Tips Merawat Tas Kulit Agar Tahan Lama dan Berkilau

Rekomendasi Produk Perawatan Tas Kulit
Merawat Tas Kulit - Elizabeth

Elizabeth merupakan brand fashion yang terkenal dengan beragam koleksi tas, yang menawarkan pilihan bahan yang berbeda, seperti PU (Polyurethane)/ kulit sintetis atau kulit imitasi, nylon, dan canvas. 

Hingga saat ini, tas kulit asli masih menjadi favorit banyak orang karena terlihat elegan dan awet. Namun tas kulit asli memiliki harga yang relatif lebih mahal dan menjadi kendala bagi sebagian orang. Karena itu, penggunaan kulit imitasi menjadi alternatif yang lebih terjangkau bagi mereka yang ingin tetap tampil elegan dengan tas yang berkualitas.

Perlu diingat bahwa kulit imitasi yang terbuat dari bahan PU (Polyurethane) Leather yang mengandung berbagai bahan tambahan seperti kain, busa, plastik dan bahan sintetis lainnya yang dirancang untuk memberikan kekuatan, daya tahan, dan penampilan seperti kulit asli. Oleh karena itu, tas yang terbuat dari kulit imitasi biasanya memiliki umur yang lebih pendek dan cenderung rentan terhadap kondisi lingkungan seperti paparan sinar matahari, suhu ekstrim, dan kelembaban.

Elizabeth memiliki banyak koleksi tas berbahan kulit imitasi dengan desain unik dan trendy. Namun jika kamu tidak merawatnya dengan benar, tas kulit imitasi bisa mudah rusak atau terlihat kusam. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk merawat tas kulit imitasi agar tas kamu dapat bertahan lama dan tetap berkilau seperti baru. Simak ulasanya dibawah berikut untuk mengetahui caranya!

Sejarah Singkat Tas Kulit Imitasi

Kulit imitasi punya banyak keunggulan dibandingkan kulit asli baik dari segi penampilan, daya tahan, maupun harga. Selain itu penggunaan kulit imitasi juga dianggap lebih etis karena tidak menggunakan kulit hewan asli. 

Beberapa pengganti kulit pertama kali ditemukan pada abad ke 19. Nitrocellulose (guncotton) dibuat oleh ahli kimia Jerman Christian Friedrich Schönbein pada tahun 1845 yang kemudian diubah menjadi (pyroxylin) pada tahun 1846 oleh scientist asal Perancis Louis-Nicolas Ménard.

Piroksilin pada awalnya digunakan sebagai lapisan pelindung pada pembalut luka yang kemudian diaplikasikan pada kain. Fabrikoid yang dibuat pada tahun 1910 adalah kain katun yang mengandung pyroxylin. Kain ini tahan air dan digunakan secara luas pada barang-barang seperti pelapis, penjilidan buku,  dan penutup pada bagian dalam mobil.

Pada awal tahun 1920-an, Naugahyde, yang merupakan kain dengan lapisan serat kulit dan karet, mulai diperkenalkan dalam pembuatan tas tangan wanita sebelum kemudian digunakan dalam industri lainnya. Sejak tahun 1960-an, kain yang dicampur dengan poliuretan dan polivinil klorida telah menjadi pilihan populer untuk jenis kulit buatan karena mampu memberikan tampilan dan daya tahan yang mirip dengan kulit asli.

Tips Cara Merawat Tas Kulit Imitasi

Tas dengan bahan imitasi atau PU (Polyurethane) Leather merupakan aksesori andalan wanita yang tidak hanya meningkatkan penampilan tetapi juga lebih terjangkau dibandingkan dengan tas kulit asli. Namun, penting untuk merawat tas kulit dengan baik agar tidak cepat rusak atau mengalami perubahan warna.

Perawatan untuk bahan PU (Polyurethane) Leather relatif lebih mudah dibandingkan dengan kulit asli karena kekuatan bahannya yang lebih tinggi. Meskipun bahan ini dikenal sebagai jenis bahan imitasi yang paling tahan lama, namun tetap memerlukan perawatan seperti menggunakan lotion atau pelembab khusus.

Hal ini sangat penting karena bahan PU (Polyurethane) Leather cenderung mudah mengering dan akan menjadi kaku serta mudah retak jika tidak dirawat. Pastikan untuk merawat tas dari bahan PU (Polyurethane) Leather secara teratur dengan lotion khusus dan hindari paparan sinar matahari secara langsung untuk memastikan tas tetap terlihat seperti baru dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan perawatan yang baik, tas kulit imitasi atau PU (Polyurethane) Leather dapat bertahan lebih lama dan tetap terlihat seperti baru.

Berikut beberapa tips yang dapat diikuti untuk merawat tas kulit imitasi:

  • Jangan mencuci tas dengan direndam kemudian di jemur di bawah sinar matahari langsung.
  • Jangan mengisi tas terlalu penuh, karena hal tersebut dapat membuat bentuk tas berubah dan merusak bahan.
  • Hindari menggulung tas, lebih baik simpan di dalam dust bag dan letakkan dengan posisi yang benar.
  • Hindari menyimpan tas di dalam ruangan bersuhu lembab dan pilih tempat penyimpanan yang kering atau di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Produk juga baiknya sesekali di keluarkan atau baiknya digantung saja menggunakan paperbag dan jangan lupa menggunakan silica gel.
  • Simpan tas di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, karena hal tersebut dapat merusak warna tas. Tidak disarankan untuk disimpan di dalam lemari atau plastik dalam waktu yang lama karena produk akan berjamur dan lebih cepat mengelupas.
  • Gunakan pelembap khusus untuk tas kulit imitasi secara teratur, sehingga kulit tetap lembab dan terhindar dari kerusakan. Dengan menjaga tas kulit imitasi dengan baik, kamu dapat memperpanjang umur tas tersebut dan untuk menjaga penampilan tas tetap berkilau seperti baru.

Rekomendasi Produk untuk Merawat Tas Kulit

Dalam menjaga kualitas dan umur tas kulit, perawatan yang teratur dan baik sangat diperlukan. Namun, dengan banyaknya pilihan produk perawatan tas kulit di pasaran, terkadang sulit untuk menentukan produk mana yang terbaik. Oleh karena itu, kami ingin merekomendasikan Leather Cleaner by Elizabeth.

Rekomendasi Produk Perawatan Tas Kulit

Leather Cleaner by Elizabeth sebuah produk perawatan tas, sepatu, dan jaket yang terbuat dari bahan kulit dan PU (Polyurethane) Leather (imitasi). Dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, pembersih ini dapat membersihkan dan merawat barang-barang tersebut tanpa merusak atau menggores permukaannya. Leather Cleaner by Elizabeth diformulasikan dengan silikon yang membantu mencegah debu, minyak, dan pertumbuhan jamur pada barang-barang tersebut, sehingga dapat membantu mempertahankan kualitas dan umur barang. Produk ini juga telah teruji klinis dan aman digunakan untuk perawatan rutin barang-barang berbahan kulit dan PU (Polyurethane).

Untuk mempermudah proses berbelanja, kamu bisa cek produk terbaru Elizabeth yang menawarkan berbagai macam outfit, style dengan design trendy melalui Official Webstore atau Download Elizabeth Mobile Apps di Playstore atau AppStore. Tunggu apalagi belanja produk Elizabeth sekarang juga!

Tinggalkan Balasan